Kabupaten Bengalis Siap Mensukseskan UPSUS SIWAB 2017

Ditulis oleh : Administrator - Diterbitkan : Senin - Dibaca : 490


               Pencanangan UPSUS SIWAB yang dipusatkan di Sungai Selari Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengalis pada tanggal 18 Desember, merupakan momen penting untuk mendukung program UPSUS SIWAB 2017, khususnya di Provinsi Riau. Pencanangan dihadiri dan dibuka oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Peternakan RI Dr Ir. Riwantoro. MSi, Hadir pula Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Riau Drh. Askardiya R Patrianov, Kepala Balai Inseminasi Buatan Lembang Ir Tri Harsi MP, Camat Bukit Batu Reza Noverindra, Angota DPRD Dapil Bukit Batu Hj. Aisyah, Kapolsek Bukit Batu AKP Daud Senturi, dan ratusan peternak.

             Populasi ternak sapi Kabupaten Bengkalis, berjumlah 15.077 ekor. Dari populasi itu 6.874 ekor atau 45,59 persen diantaranya adalah sapi betina produktif yang siap bunting dan melahirkan, baik dari Program IB maupun INKA. Dalam kesempatan itu Asisten Perekonomian dan Pembangunan Heri Indra Putra didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Riau, Drh. Askardiya R Patrianov, Sekretaris Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Peternakan RI, Dr. Ir. Riwantoro menyerahkan bibit Indigofera dan menyerahkan bantuan 25 ekor sapi Kepada 6 Kelompok Tani Aneka, yang berasal dari Kecamatan Mandau, Pinggir dan Bukit Batu.

   Dengan UPSUS SIWAB target kebuntingan 4 juta ekor dapat tercapai dan terjadi Peningkatan Populasi yang signifikan, khusus untuk Kabupaten Bengkalis target yang diberikan oleh Provinsi Riau adalah sebanyak 3.024 Akseptor pada Tahun 2017 dan diharapkan terjadi kelahiran sebanyak 75% dari Akseptor atau sebanyak 2.268 ekor.